Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui dengan 6 Langkah Mudah

cara keluar grup whatsapp tanpa diketahui

Bergabung di Grup WhatsApp terkadang membuat hati jengkel karena menerima banyak notifikasi yang cukup mengganggu. Terlebih percakapan tersebut hanya melibatkan sebagian anggota grup saja. Pada keadaan seperti ini ingin rasanya blokir atau keluar dari grup WhatsApp tersebut. Namun timbul rasa tidak enak karena takut dianggap sombong dan terkesan tidak sopan. Maka dari itu pada artikel ini, anda akan tahu bagaimana cara keluar grup WhatsApp tanpa diketahui.

WhatsApp memang sangat berguna untuk berkomunikasi di saat ini. Banyak fitur bermanfaat yang bisa anda gunakan, diantaranya berkirim pesan teks, gambar, video, suara ataupun dokumen. Selain itu ada juga fitur video call WhatsApp.

Bahkan yang menarik adalah anda bisa membuat grup WhatsApp. Dengan grup tersebut, anda bisa chat dengan banyak orang sekaligus. Meskipun begitu, terkadang  grup WhatsApp malah membuat sebagian anggotanya terganggu.

Umumnya, keluar dari grup WA akan ada notifikasi yang memberitahukan kepada anggota lain bahwa anda keluar dari grup. Namun ada beberapa cara meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui oleh anggota lain. Apa saja itu? Berikut beberapa cara yang bisa anda coba!

Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Dengan 6 langkah berikut ini, anda tidak perlu khawatir lagi untuk keluar dari grup WhatsApp.

1. Ubahlah Nomor HP Anda dengan yang Baru

Langkah ini merupakan cara meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui yang paling mudah untuk anda coba. Yang perlu diperhatikan, anda jangan langsung mengganti nomor WA anda dengan yang baru. Pertama pergilah ke menu “Pengaturan” atau “Settings” di smartphone anda, lalu pilih sub-menu “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi“. Kemudian dari daftar yang ada, pilih “WhatsApp“.

Setelah itu, silahkan hapus data dan cache untuk aplikasi WhatsApp. Jika sudah, barulah anda bisa login ke WhatsApp yang terpasang di HP anda dengan nomor yang baru. Dengan begitu, nomor WA lama anda tidak akan terhapus di grup tersebut alias nomor dan nama anda masih menjadi anggota grup.

Dengan begitu, tidak akan ada yang mengetahui kalau anda sudah meninggalkan grup.

 

2. Memalsukan Nomor HP

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui sebelumnya. Tetapi di metode ini, anda tidak perlu mengubah nomor HP anda. Loh gimana maksudnya? Jadi begini, pertama anda perlu menyediakan nomor baru. Kedua, ubah nomor WA anda. Caranya, buka menu “Pengaturan” atau “Settings” di WhatsApp (tiga titik di sudut kanan atas). Kemudian pilih “Akun” atau “Account” dan pilih  sub-menu “Ganti nomor” atau “Change number“. Setelah itu, silahkan masukkan nomor baru anda. Jika sudah, ketuk “Done“.

Langkah pertama selesai. Selanjutnya anda akan keluar dari grup tersebut setelah melakukan langkah berikut ini. Buka menu “Pengaturan” di ponsel anda. Dan kemudian pilih menu “Aplikasi” dan pilih “WhatsApp“. Setelah itu, hapus data dan cache. Akhirnya, akun anda tidak muncul namun nama anda masih terdapat di dalam daftar anggota. Selanjutnya selesaikan langkah ini dengan membuka aplikasi WhatsApp anda dan mendaftar kembali dengan nomor lama anda. Kini anda sudah berhasil meninggalkan grup tanpa ada anggota lain yang mengetahuinya.

Walaupun sedikit merepotkan, karena anda memerlukan setidaknya dua nomor HP yang aktif untuk meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui dengan metode ini. Tetapi ini adalah metode yang efektif untuk anda lakukan.

 

3. Senyapkan Notifikasi Group

Jika anda merasa bahwa mengubah nomor telepon sangat merepotkan, anda bisa membisukan pemberitahuan atau notifikasi grup. Jadi dengan cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang satu ini, anda tidak secara permanen keluar dari grup tetapi minimal notifikasi tidak akan mengganggu anda lagi. Dengan metode ini, anda dapat menonaktifkan notifikasi selama 8 jam, seminggu atau bahkan selama setahun. Membisukan grup adalah cara termudah yang dapat anda lakukan.

Pertama, buka grup WA yang ingin anda tinggalkan. Dan kemudian ketuk ikon titik tiga di sudut kanan. Dari beberapa menu yang ada, pilih dan ketuk “Bisukan notifikasi“. Terakhir, pilih durasi bisukan notifikasi grup. Anda bisa memilih durasi 1 tahun untuk membisukan notifikasi grup selama setahun.

 

4. Ubahlah Nama Anda dan Hapus Foto Profil Anda

Metode tentang cara keluar dari grup WA tanpa diketahui selanjutnya akan efektif saat anda berada dalam grup besar. Dengan ini, anda tidak perlu lagi mengubah nomor anda atau memalsukan nomor anda. Anda juga dapat meninggalkan grup secara permanen dan tidak akan ada yang tahu.

Cara ini sangat sederhana, jadi yang perlu dilakukan hanya mengganti nama profil anda dan hapus foto profil anda. Caranya, ketuk “menu opsi” (tiga titik di pojok kanan atas) dan ketuk “Pengaturan“. Lalu ketuk lagi di nama profil anda. Setelah itu, gantilah nama profil anda dan hapus foto profil anda. Jika sudah, buka grup dan keluarlah seperti biasa. Tidak ada yang akan tahu bahwa anda sudah keluar karena anggota lain mengira kalau yang keluar itu bukan Anda.

 

5. Menonaktifkan Notifikasi Grup

Saat anda ingin blokir atau meninggalkan grup WhatsApp yang menjengkelkan tetapi tidak ingin ada yang tahu, cukup nonaktifkan notifikasi grup itu. Dengan begitu, tidak ada yang tahu bahwa anda keluar dari grup. Jadi anda tidak perlu khawatir karena tidak ada yang menyadarinya.

Langkah pertama yang harus dilakaukan adalah  ke menu “Pengaturan” pada smartphone anda. Kemudian pilih “Aplikasi” maka akan muncul beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone anda. Selanjutnya ketuk “WhatsApp” dan pilih menu “Notifikasi“. Di bagian “Notifikasi grup“, geser tombol disebelahnya untuk mematikan semua notifikasi. Terakhir, silahkan buka WhatsApp kemudian pergi ke grup dan langsung saja keluar dari grup tersebut.

 

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode lain tentang cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang mudah untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi lain. Jadi anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu di smartphone anda, baik itu Android atau iPhone. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan, salah satunya aplikasi GroupXit bagi pengguna Android.

 

Tips Tambahan: Cara Agar Tidak Terlihat Aktif Di Grup WA

Sebagian anggota grup lebih memilih menjadi silent reader di saat sebagian lainnya aktif melakukan obrolan di grup. Nah, mungkin anda salah satu anggota grup yang lebih senang menyimak daripada ikut aktif dalam obrolan di grup WA. Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang cara menyembunyikan status online di WhatsApp.

Bisakah anda menyimak obrolan di grup namun anggota lain tidak mengetahui kalau anda aktif? Ok, langsung saja simak ulasan tentang cara agar tidak terlihat aktif di grup WA berikut ini.

  • Memanfaatkan fitur Widget WhatsApp di Homescreen Android
  • Pakai aplikasi Unseen
  • Pakai aplikasi Aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp

Mungkin di lain waktu, akan saya jelaskan lebih detail tentang cara agar tidak terlihat aktif di grup WA (WhatsApp).

 

Kesimpulan

Setiap orang mungkin memiliki satu atau lebih grup WhatsApp yang terkadang mengganggu. Terkadan mereka mengirim spam, gambar yang tidak pantas untuk dilihat dan bahkan berita bohong. Jadi, wajar saja jika anda ingin blokir atau keluar dari grup yang seperti itu. Anda bisa keluar secara diam-diam jika anda tidak ingin meninggalkan grup tersebut dengan kesan buruk. Tetapi untuk melakukan itu, tentu saja, anda harus tahu cara keluar grup WhatsApp tanpa diketahui.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *